7 Langkah Jitu Untuk Dapatkan Wajah Bebas Bekas Jerawat

By  |  0 Comments

Fakta paling menjengkelkan yang harus kita terima dari jerawat yang mulai mengering adalah bahwa ia akan meninggalkan bekas jerawat yang membandel pada wajah. Fakta lain yang tidak kalah menjengkelkan adalah bahwasanya tidak ada metode yang benar-benar ampuh 100% untuk mencegah munculnya jerawat pada wajah.

Namun, bukan berarti kamu harus menyerah untuk merawat kulit wajahmu. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan wajah bersih dan menawan. Pertama, ialah dengan mencegah munculnya jerawat itu sendiri, dan kedua dengan mencegah agar jerawat yang sudah ada tidak meninggalkan bekas. Kali ini, kita akan membahas metode yang kedua. Dengan begitu, wajah kita pun dapat terbebas seutuhnya dari bintik-bintik dan flek hitam bekas jerawat.

1. Gunakan Obat Jerawat Sesegera Mungkin

Hal terpenting yang harus kamu lakukan saat tanda-tanda jerawat mulai muncul ke permukaan adalah sesegera mungkin menggunakan obat jerawat. Tanda-tanda tersebut misalkan kulit wajah terasa sakit jika dipegang, atau ada benjolan kecil yang perlahan muncul ke permukaan. Sedangkan obat jerawat ini bisa berbentuk obat jerawat topikal (oles) maupun oral.

Pemakaian obat jerawat sesegera mungkin menjadi penting. Semakin cepat jerawat tersebut diatasi, semakin singkat pula waktu jerawat tersebut akan tinggal dan bercokol pada kulit wajah kita. Sehingga, ketika jerawat tersebut mengering waktu yang dibutuhkan untuk pemulihan akan menjadi lebih singkat dan optimal.

2. Tahan Dirimu untuk Memencet Jerawat

Memencet jerawat merupakan tindakan yang sangat tidak dianjurkan. Selain dapat berpotensi membuat jerawat menjadi lebih parah, memencet jerawat juga dapat membuat bakteri dan kuman pada jerawat menyebar pada bagian wajahg lain. Beberapa literatur bahkan menyebutkan memencet jerawat pada bagian tertentu pada wajah dapat berakibat sangat fatal, tidak hanya sekedar infeksi dan pembengkakan, namun juga hilangnya pengelihatan, kelumpuhan, bahkan kematian.

Meskipun memencet jerawat terkadang menjadi solusi, namun hal tersebut hanya akan berlaku sementara. Dalam banyak kasus, memencet jerawat hanya akan membuat kuman dan bakteri masuk lebih dalam pada lapisan dermis, membuat jerawat menyebar pada bagian-bagian wajah lain, dan meningkatkan potensi jerawat akut yang akan kamu alami. Pada akhirnya, bekas jerawat yang ditinggalkan akan tinggal pada area yang lebih luas, lebih besar, dan lebih susah untuk dihilangkan.[1]

3. Antisipasi Insiden Tak Terduga

Meskipun kamu telah berusaha untuk tidak memencet atau memecah jerawatmu, namun insiden-insiden yang tak terduga kerap terjadi. Misalkan, jerawat yang tersenggol oleh kuku karena gerakan menggaruk yang spontan karena wajah yang mengalami rasa gatal yang tak tertahankan.

Oleh karenanya, kamu perlu mempersiapkan tindakan antisipasi agar insiden tak terduga terjadi sewaktu-waktu. Salah satu tindakan antisipasi tersebut bisa kamu lakukan dengan senantiasa menjaga kebersihan kukumu. Pasalnya, kuku merupakan salah satu penyebab tersering dalam memecahkan jerawat.[2] Kuku dan jari jemari yang kotor menjadi sarang bagi kuman dan bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, selalu bawa tissue atau kapas bersih untu menyeka nanah atau darah yang keluar dari jerawat yang terlanjur pecah. Alkohol, toner, atau air bersih mungkin kamu butuhkan untuk membersihkan bekas nanah dan darah yang penuh dengan kuman dan bakteri penyebab jerawat dari wajah sampai jerawat yang pecah benar-benar bersih dari nanah atau darah baru yang keluar.

Jerawat yang pecah akan mudah terpapar oleh radikal bebas dan meninggalkan bekas jerawat membandel.

4. Cegah Bekas Jerawat dengan Sunscreen

Sinar matahari memiliki peranan penting terhadap munculnya bekas jerawat yang membandel. Ketika wajahmu berjerawat, kulit wajah pada jerawat menjadi sangat rentan. Oleh karenanya, sinar matahari dapat membakar kulit yang menderita jerawat dengan sangat mudah. Sebagai mekanisme pertahanan diri, kulit wajahmu akan membentuk perlawanan terhadap dampak buruk sinar matahari dengan mempentuk pigmen yang terkonsentrasi pada daerah yang terbakar oleh sinar matahari. Tidak heran, bercak atau flek hitam yang membandel pada wajah kerap muncul setelah jerawat pada wajah mulai mengering.[3]

Oleh karenanya, selalu lindungi wajahmu dengan sunscreen ataupun sunblock. Jika perlu gunakan topi ataupun payung untuk melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari langsung yang akan membuat wajahmu semakin berminyak, kondisi jerawat pun dimungkinkan akan menjadi bertambah parah.

5. Tunda Jadwal Facial Rutinmu

Jika kamu adalah seorang yang melakukan facial secara teratur tiap minggunya, sebaiknya kamu mulai memperhatikan untuk menunda jadwal facialmu jika kamu memiliki masalah jerawat yang cukup serius pada wajahmu.

Facial memang diperlukan jika kondisi wajah cukup kusam, berminyak, penuh kotoran, dan komedo. Namun pada saat proses facial berlangsung, tidak hanya komedo yang akan dikeluarkan paksa dari pori wajahmu. Namun jerawat juga akan dikeluarkan secara paksa. Memang, jerawatmu kadang bisa hilang. Tapi tidak ada jaminan jerawat akan secara berangsur sembuh. Bisa jadi, jerawat yang ada justru bertambah menjadi semakin parah.[4] Gawatnya lagi, wajahmu akan menjadi lebih kusam karena lebih banyak bekas jerawat yang muncul kemudian karena pengeluaran jerawat secara paksa cenderung menyakiti dan memberikan trauma tersendiri pada kulitmu.

6. Gunakan Masker dan Perawatan Wajah dengan Bijak

Masker wajah entah itu dari produk kecantikan tertentu ataupun DIY memang baik, namun sebaiknya saat jerawat mulai menyerang pada wajahmu kamu harus mulai memperhatikan dan mempertimbangkan penggunaan berbagai jenis masker ini.

Sebaiknya, gunakan masker yang jelas kandungannya dan terbukti efektif untuk kulit wajahmu. Hal ini, tentu bisa kamu ketahui dengan melakukan uji coba terlebih dahulu pada masker wajah yang akan kamu pakai. Pada pengertian ini, hindari melakukan uji coba pada masker baru yang belum pernah kamu coba sebelumnya. Bisa jadi, masker baru tersebut justru tidak cocok kamu pakai, menyebabkan jerawat tambah parah, dan berujung pada munculnya flek hitam dan bekas jerawat yang membandel karena hiperpigmentasi. Apalagi, masker yang kamu pakai mengandung kandungan khusus untuk mempercepat proses eksfoliasi. Bukan malah sembuh, jerawatmu justru menjadi tidak karuan.[5]

Namun, masker dengan bahan-bahan alami dengan percampuran yang sederhana mungkin lebih kami anjurkan untukmu. Kamu bisa mencoba berbagai campuran bahan seperti kunyit, kentang, lidah buaya, ataupun tomat yang terbukti dapat menghilangkan bekas jerawat dengan cepat jika masalah jerawat pada wajahmu benar-benar sudah beres.

7. Gunakan Es Batu untuk Mengompres Jerawat

Saat wajahmu menderita serangan jerawat membandel, tidak banyak perawatan yang bisa kamu lakukan karena banyak resiko yang bisa ditimbulkan dari pemakaian berbagai perawatan kecantikan kecuali pemakaian obat jerawat itu sendiri.

Oleh karenanya, cobalah mengompres jerawatmu dengan es batu. Cara ini, terbukti lebih efektif untuk mengempiskan jerawat dan mengurangi peradangan pada jerawat batu maupun jerawat biasa. Es batu dapat membantu mengecilkan pori-pori wajah dan menyerap minyak berlebih. Selain itu, es batu juga dapat membantu membuat kulit wajahmu menjadi lebih rileks, sehingga dapat mengurangi pembengkakan pada jerawat dan kamu bisa sesegera mungkin melanjutkan perawatan wajahmu ketika jerawat pada wajahmu mulai menunjukkan tanda-tanda pengempisan dan kesembuhan.

External Refference   [ + ]

1. Apa saja bahaya dari memencet jerawat secara paksa?
2. Cara memencet jerawat yang benar
3. 7 hal yang membuat bekas jerawatmu semakin menjadi-jadi.
4. Lakukan 8 langkah ini agar bekas jerawat membandel hilang dan tak muncul lagi
5. Apa yang harus diketahui tentang penggunaan masker pada wajah yang berjerawat
DMCA.com Protection Status

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: