7 Bahan Alami Paling Ampuh untuk Atasi Jerawat

By  |  0 Comments

Diet yang baik, termasuk didalamnya mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang tinggi dan kompleks serta menjauhi makanan dengan kandungan lemak jahat dapat berdampak secara signifikan pada kesehatan. Khususnya pada penampilan dan kondisi kulit wajahmu yang kerap bermasalah dengan jerawat. Meskipun demikian, perawatan kulit dan perlindungan dari luar seperti scrubbing, mengoleskan lotion, serum, masker, obat jerawat, serta berbagai ritual kecantikan lainnya tetaplah penting untuk mendapatkan kulit bersih merona, bebas jerawat dan bekas jerawat.

Faktanya, penggunaan bahan alami pada jerawat dapat mengurangi jerawat pada wajah sebanyak 50%.[1] Ada banyak bahan alami yang bisa kamu gunakan sebagai masker ataupun sekedar untuk dioleskan pada kulit yang sedang berjerawat. Namun bahan alami apa sajakah yang terbukti ampuh untuk menghilangkan jerawat dengan cepat?

1. Madu Mentah

raw honey paling ampuh untuk menghilangkan jerawatMadu mentah atau “raw honey” adalah madu yang benar-benar asli dan mentah dari sumber asalnya. Setelah dipanen dari sarangnya, madu ini langsung dikemas dan dipasarkan tanpa melalui proses pemanasan, pasteurisasi, ataupun pengolahan jenis lainnya.[2]

Madu dikenal sebagai anti-bakteri alami, dengan begitu dapat membunuh bakteri penyebab jerawat yang kini bersarang pada wajahmu. Selain itu, kandungan anti-inflamasinya dapat bermanfaat untuk mengempeskan jerawat meradang dengan cepat. Antioksidan yang terkandung didalamnya dapat mencegah jerawat yang kini berangsur-angsur sembuh meninggalkan bekas jerawat berupa flek hitam yang membandel.[3] Dengan begitu, kamu tak perlu lagi khawatir jerawatmu akan berbekas dan merusak penampilanmu.

Kamu bisa mengoleskan madu pada spot yang berjerawat pada malam hari sebelum tidur, dan biarkan mengering hingga pagi harinya. Kamu juga bisa menggunakannya sebagai campuran dari masker wajah untuk jerawat yang terbuat dari bahan alami lainnya seperti delima, pepaya, dan tomat untuk mendapatkan manfaat terbaiknya.

2. Lidah Buaya

cara membuat masker lidah buaya penghilang jerawat dan bekas jerawatBahan kedua yang menempati obat jerawat alami adalah lidah buaya. Cleopatra dan Nefertiri, dalam sejarah mesir kuno menggunakan lidah buaya dalam rangkaian ritual kecantikan mereka. Di sisi lain, penduduk asli Amerika menggunakan lidah buaya untuk menyembuhkan luka yang diakibatkan oleh gigitan serangga sehingga dapat sembuh tanpa meninggalkan bekas dan dampak yang begitu serius.[4]

Lidah buaya memiliki kandungan anti-inflamasi, sehingga mampu mencegah jerawat yang ada pada wajahmu untuk berkembang, meradang, dan menjadi lebih parah. Selain itu, vitamin E dan berbagai kandungan baik lainnya mampu mempercepat proses penyembuhan. Baik itu terhadap luka gigitan serangga, ataupun luka yang diakibatkan oleh jerawat yang pecah ataupun meradang.

Kamu bisa menggunakan masker lidah buaya pada seluruh wajahmu ketika malam. Biarkan hingga kering dan bilas saat pagi harinya. Selain mampu mengatasi masalah jerawat dan bekas jerawat yang membandel, lidah buaya juga dikenal sebagai bahan alami yang mampu mengatasi kulit kering, berminyak, serta penuaan dini.

3. Minyak Biji Anggur

minyak biji anggur paling ampuh untuk menghilangkan jerawatMinyak biji anggur kaya akan vitamin E, asam linoleic, serta berfungsi sebagai pelembap alami. Vitamin E berperan penting dalam mengakhiri sumbatan pada pori wajah. Asam linoleic berperan sebagai anti-mikroba alami, terdiri dari protein dan menyusun bagian kulit yang disebut ceramides, yang merupakan bagian sell kulit yang membantu mempertahankan organ dari radiasi sinar ultra violet.[5] Menggunakan minyak biji anggur sebagai pelembap secara dramatis dapat menghindarkan kulit dari kekeringan bersamaan dengan menekan dan mencegah produksi minyak berlebih pada wajah. Sehingga, secara garis besar minyak biji anggur masuk dalam bahan alami yang ampuh untuk membunuh bakteri penyebab jerawat dan mencegah sumbatan, komedo, serta jerawat datang kembali.

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa minyak zaitun, cocoa butter, serta minyak kelapa yang  juga memiliki fungsi yang sama dalam melembapkan. Namun mereka juga bertanggung jawab atas sumbatan pada pori wajahmu, sedangkan minyak biji anggur justru mengatasi sumbatan tersebut. Gunakan minyak biji anggur sebagai pelembap di malam hari sebelum tidur, dapatkan kelembapan selama seharian penuh tanpa perlu khawatir dengan sumbatan pada pori wajahmu.

4. Minyak “Buckthorn” Beri Laut

menghilangkan jerawat secara alami dengan sea buckthorn berryJika minyak biji anggur menjadi bahan alami topikal nomor dua dari jenis minyak, maka minyak buckthorn atau beri laut menjadi nomor satu sebagai minyak alami untuk mengatasi masalah jerawat pada wajah. Minyak beri laut bekerja secara efektif mengurangi produksi sebum hingga 45%, mengurangi sensitivitas kulit terhadap perubahan hormonal dari dalam yang berdampak pada munculnya jerawat.[6]

Selain dua manfaat di atas, minyak beri laut juga kaya akan vitamin A yang terbukti ampuh sebagai salah satu vitamin yang berperan untuk mengatasi masalah jerawat yang membandel, Selain manfaat tersebut, penggunaan minyak beri laut untuk wajah sekaligus dapat melembutkan dan membuat wajah tampak lebih berseri.

Dampak penggunaan minyak beri laut bisa dilihat bahkan setelah seminggu pemakaian, baik dicampurkan ke dalam lotion, masker ataupun sekedar dioleskan pada daerah yang berjerawat, menjadikan minyak ini sebagai bahan alami paling ampuh untuk mengusir jerawat dari jenis minyak-minyakan.

5. Witch Hazel

witch hazel paling ampuh untuk menghilangkan jerawatMerupakan tumbuhan yang biasa digunakan sebagai tanaman hias, dapat dijumpai di Asia ataupun Amerika. Tanaman dengan bunga kuning wangi ini akan berbunga pada musim gugur (spesies Amerika) dan musim dingin (spesies Asia). Ekstrak dari tanaman ini telah dikenal dan umum digunakan sebagai bahan utama dalam produk kecantikan.[7]

Lalu apa yang membuat witch hazel ini begitu spesial?

Witch hazel memiliki antioksidan yang sama dengan superoksida dismutase, salah satu antioksidan paling kuat dan umum yang diproduksi tubuh manusia itu sendiri. Tak hanya itu, witch hazel memiliki kandungan anti-inflamasi yang mampu meredakan jerawat, sekaligus berguna untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UVB.

Kandungan antioksidan pada witch hazel ditemukan memiliki reaksi khusus terhadap vitamin E, menciptakan sebuah sinergi dan mampu melipatgandakan manfaatnya. Oleh karenanya witch hazel sangat cocok untuk dikombinasikan dengan senyawa, produk, ataupun bahan dengan kandungan vitamin E yang tinggi baik untuk perawatan khusus seperti masker ataupun perawatan harian seperti pelembap dan krim malam.

6. Teh Hijau/Green Tea

Toner Green Tea untuk Mengatasi Minyak dan JerawatTidak hanya unggul dengan aromanya yang mampu menenangkan dan menjernihkan pikiran, kandungan tannin dan antioksidan yang begitu tinggi dapat mengendalikan serta mengurangi produksi minyak berlebih sekaligus melindungi kulit dari dampak buruk lingkungan sepertihalnya polusi, asap rokok, sinar matahari, serta radikal bebas yang dapat berujung pada munculnya komedo, jerawat, bahkan kanker kulit.

Sebuah studi menunjukkan bahwa penggunaan teh hijau atau green tea dalam rangkaian perawatan wajah sepertihalnya masker, scru, ataupun toner dalam keseharian mampu mengurangi masalah jerawat pada wajah hingga 57% dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakannya.

Kamu juga bisa menggunakan green tea atau teh hijau tinggi antioksidan ini sebagai masker wajah ataupun toner alami. Tidak hanya ampuh untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat secara alami, teh hijau juga bermanfaat untuk mencegah proses penuaan dan menghilangkan kantung mata panda.

7. Minyak pohon teh

menghilangkan jerawat secara alami dengan tea tree oilMinyak pohon teh atau tea tree oil telah digunakan oleh Suku Aborigin dari Australia dalam bentuk pasta untuk merawat luka selama berabad-abad lamanya.

Mengapa demikian?

Tea tree oil sangat efektif untuk membunuh bakteria, meredakan inflamasi dan peradangan, serta membunuh tungau yang ditengarai sebagai penjahat paling kontroversial dalam dunia per-jerawat-an, yaitu tungau demodex. Ini menjadikan tea tree oil sebagai salah satu bahan alami paling ampuh yang mampu menghilangkan jerawat pada wajahmu dengan cara membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengempeskan jerawat dengan cepat.

Hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan tea tree oil adalah, bahwasanya kandungan alkohol alami didalamnya mungkin akan menyebabkan iritasi. Untuk itu tidak cocok untuk digunakan pada kulit sensitif, dan pemakaiannya dianjurkan hanya pada spot atau bagian dengan jerawat yang meradang atau berwarna kemerahan.[8]

External Refference   [ + ]

1. 7 Bahan alami paling top untuk mengatasi masalah jerawat
2. Ingin tahu lebih lanjut tentang madu mentah? Lihat ulasannya di WikiPedia.
3. Madu dan jerawat: sebuah literatur untuk bantu atasi masalah jerawat
4. Apa yang lidah buaya berikan untuk tubuhmu: Sebuah alasan tentang sebutan lidah buaya oleh masyarakat mesir sebagai tumbuhan keabadian
5. Minyak biji anggur dan jerawat: Sebuah perawatan yang unik dan efektif untuk menghilangkan jerawat membandel pada wajah.
6. Minyak herbal: manfaat minyak buckthorn, beri laut untuk mengatasi minyak pada wajah dan cara menggunakannya.
7. Lihat ulasan lengkap tentang witch hazel di WikiPedia
8. Bagaimana cara menggunakan tea tree oil untuk jerawat? 7 langkah dengan gambar
DMCA.com Protection Status

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *