5 Jenis Makanan untuk Atasi Jerawat dari Dalam

By  |  0 Comments

Jerawat bukan hanya persoalan sumbatan pori yang kemudian menyebabkan peradangan pada kulit. Lebih dari itu, jerawat merupaka masalah kompleks yang tak hanya melibatkan faktor eksternal, namun juga internal sebagai penyebabnya.

Banyak kegagalan pada perawatan wajah berjerawat karena mereka hanya berfokus untuk mengatasi jerawat dari luar, mengabaikan faktor-faktor internal yang sebenarnya mungkin menjadi kunci dari masalah jerawat yang saat ini sedang mereka hadapi. Baca: penyebab jerawat.

Padahal, penanganan jerawat pada wajah tidak terbatas pada penggunaan obat jerawat yang digunakan secara topikal, namun juga secara oral. Jika rangkaian perawatan wajah dan obat jerawat topikalmu tidak memberikan kemajuan, mungkin sudah saatnya untuk mempertimbangkan beberapa obat atau makanan untuk kamu konsumsi.

Untuk memenuhi usaha tersebut, berikut kami berikan informasi seputar 5 makanan terbaik untuk atasi jerawat dari dalam:

1. Ikan Omega-3

manfaat ikan untuk kulit awet muda

Omega-3 dan omega-6 adalah asam lemak yang mengatur tingkat peradangan pada tingkat sel. Omega-3 mengirimkan sinyal pada tubuh untuk menekan peradangan, sedangkan omega-6 menciptakan peradangan.[1] Terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan omega-6 akan membuat kondisi jerawat pada wajahmu tak kunjung membaik. Peradangan kronis mengganggu jalur detoksifikasi, keseimbangan hormon, dan regenerasi sel kulit yang merupakan proses kunci untuk mendapatkan kulit bersih bebas jerawat dan bekas jerawat. Oleh karenanya, kamu membutuhkan asupan makanan yang mengandung omega-3 seperti salmon, sarden, mackerel, biji rami dan kenari.

2. Teh Hijau

waktu yang tepat minum tehTeh hijau kaya akan antioksidan yang dapat melindungi kulitmu dari dampak buruk sinar matahari, debu, kotoran, kuman dan bakteri, bahkan radikal bebas yang kerap menjadi penyebab jerawat dan rusaknya kulit secara keseluruhan.[2] Selain itu, tannin dalam teh hijau secara aktif mampu menekan produksi minyak berlebih, mencegah pembentukan jerawat dan komedo. Tak sampai di sana, antioksidan juga banyak berperan untuk mengoptimalkan proses regenerasi sel-sel kulit ketika kita tidur, membuat bekas jerawat pada wajah kita lekas memudar. Jika kamu bekerja di luar ruangan, ada baiknya mengonsumsi lebih banyak teh hijau dari biasanya.

3. Tiram dan Zinc

manfaat tiram untuk mengobati jerawat dari dalamBeberapa studi telah menunjukkan bahwa mineral dalam bentuk zinc dapat menekan proses pembentukan jerawat.[3] Studi lainnya menyebutkan bahwa kekurangan zinc memiliki hubungan yang kuat pada kondisi wajah yang berjerawat.[4] Mineral dalam bentuk zinc dapat mengoptimalkan penyerapan vitamin A yang kurang maksimal, yang dalah hal ini masuk ke dalam kategori vitamin penting untuk mengobati jerawat dari dalam.[5] Meskipun kamu bisa mendapatkan zinc dari suplemen, tapi asupan zinc yang terlalu banyak (lebih dari 100 mg per hari) dapat menyebabkan efek samping. Cara terbaik untuk mendapatkan zinc adalah dari makanan yang kamu makan. Tiram, merupakan sejenis kerang yang bisa kamu konsumsi untuk mendapatkan mineral dalam bentuk zinc yang melimpah.

4. Aneka Jus

cara mencegah jerawat dengan jus buah dan sayuran lezat

Memakan lebih banyak buah dan sayuran segar secara alami dapat membuat wajah bersih bebas jerawat. Buah dan sayuran mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk mengontrol produksi minyak berlebih, yang dalam prosesnya secara efektif dapat mencegah jerawat sekaligus meminimalisir inflamasi pada jerawat yang sudah ada. Buah dan sayur yang baik untuk jerawat adalah yang mengandung banyak beta-carotine dan vitamin A. Mengonsumsi aneka jenis beri dengan warna gelap sangat baik untuk kulitmu. Jika membahas sayuran terbaik untuk jerawat, maka yang memiliki daun berwarna hijau gelap dapat dikatakan sayuran terbaik untuk mengusir jerawat pada wajah. Lihat 7 resep jus buah dan sayuran untuk jerawat.

5. Probiotik

Manfaat Oatmeal untuk Kulit Awet Muda

Lantaran pre dan probiotik dapat secara efektif mengurangi inflamasi dan meredakan stress berkepanjangan, para peneliti percaya bahwa mengonsumsi prebiotik mungkin akan sangat membantu memecahkan permasalahan jerawat pada wajah. Melalui beberapa studi dan bukti-bukti empiris, probiotik nyatanya terbukti efektif mampu mengacaukan proses pembentukan jerawat, mencegahnya untuk muncul bersamaan dengan usaha untuk meredakan jerawat meradang yang telah ada.[6] Untuk mendapatkan probiotik dalam dietmu, kamu bisa mencoba yogurt, kefir, sauerkraut, dark chocolate, microalgae, miso soup, pickles, tempe, kimchi, dan teh kombucha.

Beberapa makanan terbaik untuk atasi jerawat di atas dapat dengan mudah kita temukan di sekitar kita. Namun beberapa lagi sepertinya sulit untuk kita dapatkan. Kamu tidak perlu mengonsumsi semua jenis makanan di atas, cukup manfaatkan beberapa yang tersedia dan kamu akan dapatkan hasil yang maksimal darinya. Selain mengonsumsi makanan untuk mengobati jerawat dari dalam, kamu juga harus mempertimbangkan dan mulai menjauhi beberapa makanan penyebab jerawat yang tak hanya dapat membuat jerawat baru bermunculan, namun juga membuat jerawat yang ada bertambah parah.

External Refference   [ + ]

1. Cara merawat jerawat dari dalam.
2. Menurut sebuah studi, mengonsumsi green tea atau menggunakannya secara topikal pada wajah dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap sinar matahari
3. Apakah zinc dapat bentu lawan gejala dan masalah jerawat.
4. Hubungan ini ditemukan pada pria yang kerap melakukan onani/masturbasi tanpa memberikan asupan zinc tambahan, membuatnya mengalami kekurangan zinc dan lebih beresiko terserang masalah jerawat dan gejala peradangan lainnya.
5. Makanan yang bermanfaat untuk melawan jerawat dari dalam.
6. 5 makanan untuk mengurangi jerawat dari dalam.
DMCA.com Protection Status

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: