4 Tanda Kamu Telah Kecanduan Memencet Jerawat

By  |  0 Comments

Sebagian orang sangat menikmati saat-saat dimana nanah ataupun mata jerawat keluar dan meleleh dari balik lapisan kulit. Mungkin, kamu juga salah satu orang yang merasakan hal yang sedemikian rupa sehingga aktivitas memencet jerawat seolah menjadi sebuah kesenangan tersendiri.

Namun, kamu harus tahu bagaimanapun juga memencet jerawat bukanlah solusi yang baik. Selain dapat menyebabkan iritasi, inflamasi, infeksi, dan pendarahan, memencet jerawat dapat meningkatkan resiko bekas yang permanen pada wajah.[1] Bahkan, memencet jerawat pada area tertentu dapat menyebabkan kematian.

Kendati mengetahui fakta tersebut, masih banyak orang yang tetap melakukannya. Kamu pun mungkin sesekali tidak tahan untuk memencet jerawatmu dan menyaksikan detik-detik dimana cairan dan gumpalan berwarna hijau kekuningan keluar dan meleleh dari balik lapisan permukaan kulitmu.

Sebuah studi yang dilakukan oleh The American Academy of Dermatology[2] menyebutkan bahwa merupakan hal yang wajar bagi sebagian besar remaja dan orang dewasa memiliki bekas jerawat pada wajahnya. Hal ini, tidak lain karena kebiasaan memencet jerawat meskipun tahu bahaya dari memencet jerawat.

Penjelasan dari fenomena tersebut, adalah tidak lain karna kecenderungan masyarakat untuk terus memencet jerawatnya ketika jerawat itu muncul. Kamu harus tahu, apakah kamu menderita gejala yang sama seperti yang mereka alami, yaitu kecanduan memencet jerawat dan membaca tulisan ini adalah hal yang tepat untuk mengetahui apakah kamu telah kecanduan memencet jerawat.

Ciri Bahwa Kamu Telah Kecanduan Memenceti Jerawat

Dalam ilmu psikologi, kondisi dimana kamu kecanduan memencet jerawat disebut dengan Dermatillomania. Gejala ini dapat mencakup adiksi/kecanduan atau kompulsi[3]. Bagaimana gejalanya? berikut 4 tanda seorang mengalami kecanduan memencet jerawat.

  1. Melihat Jerawat dan Komedo Sebagai Sesuatu yang Bukan Pada Tempatnya

    Jerawat memang sangat mengganggu. Namun hal tersebut masih merupakan suatu kewajaran karena semua orang pun memiliki masalah yang sama dengan tingkat keparahan yang berbeda-beda. Tapi tetap saja, sedikit jerawat dan komedo tidak akan membuatmu berbeda dari orang lain. Mereka hanyalah titik dan bintik yang baru akan terlihat jika seorang benar-benar melihatmu dengan sangat dekat. Jika kamu merasa menjadi orang yang berbeda dengan orang lain hanya karena beberapa jerawat ataupun komedo yang bersarang pada wajahmu, sebaiknya kamu mulai berhati-hati, karena biasanya kamu akan terus mencoba melihat cermin dan mulai bereksperimen untuk memencet jerawat dan komedo hanya untuk memastikan itu benar-benar jerawat ataupun komedo.

  2. Tidak Bisa Berhenti Menyentuh Kulit Dimana Jerawat Mulai Tumbuh

    Mengetahui sejauh mana perkembangan jerawat pada wajah kita, atau seberapa banyak jerawat baru yang tumbuh pada wajah kita sangatlah penting. Namun bukan berarti kamu harus melihat wajahmu di cermin sepanjang hari. Di sela-sela padatnya kegiatan, kamu mungkin mulai meraba-raba wajahmu hanya untuk memastikan jerawat yang ada tidak pecah. Tanpa kamu sadari, kamu akan mulai meraba-raba bagian wajah lainnya untuk mencari jerawat-jerawat kecil yang mungkin tumbuh, jika tidak menemukan satupun jerawat kamu mungkin akan mencarinya lebih dalam dengan sedikit memencet atau memaksa jerawat kecil untuk keluar dari sarangnya. Siklus tersebut tidak akan berhenti, dan kamu merasakan hal yang kamu lakukan adalah sangat menyenangkan. Hal tersebut merupakan salah satu ciri bahwa kamu telah kecanduan memenceti jerawat.[4] Jika ini merupakan salah satu hal yang kamu alami, sebaiknya kamu mulai memperhatikan perilakumu.

  3. Memencet Jerawat dan Komedo itu Keharusan, Lebih Cepat Lebih Baik

    Terkadang kamu tidak perlu mencari keberadaan jerawat pada wajahmu karena itu muncul dengan sendirinya dan terlihat dengan sangat jelas, bahkan belum sempat kamu perhitnungkan sebelumnya. Pada saat itu, mungkin kamu merasa menggunakan obat jerawat adalah suatu hal yang percuma karena jerawat sudah sangat besar dan mengganggu penampilanmu. Perkembangan jerawat yang satu ini luar biasa cepatnya, jika kamu berpikir semakin cepat jerawat itu pecah, semakin cepat juga jerawat itu sembuh, maka kamu salah besar. Tindakan memencet jerawat dengan sembarangan dapat menyebabkan beberapa konsekuensi seperti yang telah kita bahas sebelumnya, dan membuat jerawat itu sendiri bertambah parah. Apa yang kamu lakukan dan kamu pikirkan termasuk salah satu ciri bahwa kamu telah kecanduan memencet jerawat. Maka berhati-hatilah!

  4. Kamu Merasa Bersalah Setelah Memecah Jerawat dan Komedomu

    Setelah memencet jerawat kamu akan merasa sangat lega karena setidaknya penampilanmu akan terlihat lebih layak dalam beberapa jam kedepan.[5] Di sisi lain kamu juga merasa bersalah dan kecewa pada dirimu sendiri. Kamu mengetahui bagaimana jerawat yang kamu pencet nantinya akan bertambah parah dan memungkinkan untuk meninggalkan bekas permanen pada wajah, atau bagaimana komedo akan terbentuk kembali karena pori-pori yang membesar, tapi kamu tidak sanggup menahan kuasa untuk memencet jerawatmu. Bagaimanapun, perilaku dan tindakan yang kamu tunjukkan setidaknya merupakan bukti bahwa kamu telah kecanduan memenceti jerawatmu.

Apakah kamu merasa beberapa dari ciri yang telah disebutkan di atas sesuai dengan apa yang kamu rasakan? Jika kamu merasa bahwa kamu adalah orang yang telah kecanduan memencet jerawat dan komedo pada wajahmu, mungkin kamu bisa mencoba melihat postingan lain terkait terkait bagaimana cara menghentikan kebiasaan memencet jerawat.

Lepaskan dirimu dari jerat candu memencet jerawat! Selamat mencoba!

External Refference   [ + ]

1. Apa saja bahaya memencet jerawat?
2. 4 tanda peringatan kalau kamu telah kecanduan memencet jerawat
3. Tindakan yang biasanya dilakukan secara berulang untuk mengurangi kecemasan. Sumber lain menjelaskan bahwa kompulsi adalah impuls yang tidak tertahankan dan tidak bisa dicegah untuk melakukan suatu perbuatan dan bertentangan dengan kemauan sadar pada waktu melakukannya. Lihat di WikiPedia.
4. Ciri-ciri orang menderita dermatillomania
5. Beberapa orang juga mengaggap bahwa memencet jerawat dan melihatnya keluar menimbulkan sensasi tersendiri
DMCA.com Protection Status

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *