14 Penyebab Mata Panda/Kantung Mata Hitam

By  |  0 Comments

Berbagai cara telah digunakan oleh banyak orang untuk mengatasi kantung mata hitam yang sangat mengganggu. Mulai dari perawatan kantung mata hitam, operasi kantung mata, obat kantung mata, hingga cara alami menghilangkan kantung mata bengkak. Namun, kebanyakan dari mereka telah melakukan kesalahan yang fatal sehingga masalah kantung mata hitam tidak bisa ditangani dengan sempurna.

Terkadang, cara paling manjur untuk mengobati kantung mata hitam ialah dengan mencegah kantung mata agar tidak menghitam. Untuk melakukan berbagai tindakan pencegahan, tentu kita harus mengetahui penyebab kantung mata yang menghitam. Berikut beberapa penyebab mata panda yang ada pada wajah kamu:

Penyebab Umum Kantung Mata Hitam/Bengkak

Secara umum, berikut beberapa penyebab kantung mata yang bengkak dan hitam. Mungkin kamu akan kesulitan untuk mengatasi kantung mata karena faktor berikut ini. Namun bukan berarti mata panda yang bengkak karena penyebab ini tidak bisa sepenuhnya diatasi. Ada beberapa cara dan tips yang bisa kamu praktikkan untuk menghilangkan kantung mata karena penyebab dibawah ini[1].

  • Keturunan: kantung mata hitam bisa disebabkan oleh faktor keturunan dan warisan dari orang tua. Namun, bukan berarti kantung mata hitam yang disebabkan oleh faktor genetik ditak bisa dihilangkan. Ada banyak cara memutihkan kantung mata, tetapi kamu juga harus siap jika cara tersebut tidak terlalu berhasil untuk menghilangkan kantung mata karena faktor keturunan[2].
  • Hiperpigmentasi: Kelebihan pigmentasi dapat menjadi penyebab munculnya mata panda. Gejala hiperpigmentasi dapat dikenal dengan cara menekan permukaan kulitmu. Jika ditekan warna hitamnya tidak hilang, maka bisa dipastikan ada yang salah dengan kondisi pigmen pada kantung mata kamu. Namun jangan khawatir, kamu bisa menggunakan masker kunyit untuk meratakan warna kulitmu dan mengurangi pigmentasi.
  • Alergi: Beberapa gejala alergi dapat menyebabkan bertambahnya aliran darah sekitar sinus. Biasanya, alergi kulit semacam ini juga diiringi dengan gejala gatal di sekitar mata, kebanyakan orang termasuk kamu akan mencoba untuk menggaruk dan mengucek mata sebagai. Namun, hal tersebut akan membuat kulit mata menjadi hitam sebagai bentuk mekanisme perlindungan tubuh dari iritasi akibat garukan dan kucekan. Untuk itu, agar kantung mata tidak hitam hindari menggaruk atau mengucek daerah sekitar mata jika gatal.
  • Dehidrasi: Kurangnya cairan pada tubuh akan membuat sirkulasi darah tidak berjalan dengan baik. Hal ini tentu akan mempengaruhi pembuluh darah yang banyak terletak di bawah area mata. Oleh karena itu, minumlah banyak air mineral yang tak hanya dapat menghilangkan kantung mata hitam, namun juga dapat menghilangkan jerawat dan bekas jerawat dengan cepat.
  • Faktor Usia: Tidak diragukan lagi, penuaan merupakan penyebab utama dari kantung mata hitam. Kolagen yang terus berkurang akan membuat kulit di bawah mata mudah mengerut, kendor, dan menjadi tipis. Oleh karena itu, pembulu darah yang berwarna merah kehitam-hitaman akan sangat mudah terlihat dari luar. Namun jangan khawatir, kamu bisa menunda penuaan dini dengan berbagai cara awet muda paling praktis.
  • Masalah Kesehatan: Mata Panda atau lingkaran mata hitam bisa menjadi tanda kamu sedang mengalami masalah kesehatan. Anemia dan Ginjal dan bermasalah dapat menjadi penyebab utama kantung mata yang hitam. Oleh karena itu, jika kamu mengalami anemia atau menderita fungsi ginjal segeralah menemui dokter dan berkonsultasi dengannya. Hal ini tentu sangat penting, tak hanya dapat menyembuhkan penyakit namun juga dapat menghilangkan kantung mata hitam pada wajah.
  • Asupan Nutrisi: Kurangnya mineral penting dalam tubuh seperti zat besi dapat mengurangi pasokan oksigen pada tubuh dan menyebabkan kantung mata bengkak. Tak hanya itu, ketidakseimbangan nutrisi yang disebabkan oleh terlalu sering mengkonsumsi junk food juga dapat menyebabkan kantung mata hitam. Oleh karena itu, benahi dietmu dengan melibatkan buah dan sayuran segar.
  • Hamil dan Menstruasi: Pada saat hamil atau menstruasi, perempuan biasanya membutuhkan lebih banyak asupan zat besi. Oleh karena itu, kantung mata akan berwarna lebih pucat atau bahkan kehitaman karena kekurangan zat besi pada saat hamil atau menstruasi. Untuk mengatasi lingkaran mata hitam karena hamil dan menstruasi, perbanyak konsumsi sayuran hijau, daging, unggas, ikan, gandum, dan kacang-kacangan.

Kebiasaan Buruk Penyebab Mata Panda

Tidak hanya berbagai penyebab diatas, kebiasaan-kebiasaan buruk yang selama ini kita lakukan juga tanpa kita sadari dapat menyebabkan kantung mata membesar dan menghitam. Berikut berbagai kebiasaan buruk yang mulai saat ini harus kita hindari untuk mengurangi kantung mata yang bengkak dan hitam[3]!

  • Kurang Tidur: Pada dasarnya, tidur adalah aktivitas fisik yang berfungsi untuk mengistirahatkan sebagian besar otot dan organ tubuh termasuk mata. Kelelahan, kurang tidur, dan stress dapat membuat lingkaran pada mata terlihat semakin jelas sehingga dapat menyebabkan kantung mata bengkak dan menghitam. Oleh karena itu untuk mengurangi kantung mata bengkak atau hitam usahakan untuk tidur cukup dan berkualitas.
  • Pengaruh Obat: Beberapa obat termasuk obat tirur dikenal dapat menyebabkan pembuluh darah membesar. Lapisan kulit di bawah mata merupakan lapisan paling tipis pada wajah kamu, sehingga aliran darah dapat dengan mudah terlihat dan oleh karena itu kantung mata pada wajah seolah menjadi hitam. Untuk mengatasi mata panda karena obat, selektiflah dalam memilih obat dan jangan terlalu bergantung pada obat.
  • Rokok dan Alkohol: Kandungan dan zat beracun pada rokok dapat melemahkan kolagen di bawah mata, sehingga kantung mata tampak kendur dan berkerut. Tak peduli itu perokok aktif maupun perokok pasif. Sedangkan Alkohol dapat menyebabkan dehidrasi yang pada prosesnya membuat kulit di sekitar mata menjadi lemah dan tenggelam. Agar kantung mata kamu tidak hitam, maka sebaiknya kamu mulai menghindari rokok dan alkohol mulai saat ini, sekecil apapun perubahan pada dirimu akan sangat berpengaruh.
  • Make-Up Berlebih: Menggunakan make-up tanpa menghapusnya dapat menyebabkan iritasi pada kulit sehingga kantung mata akan menjadi lebih hitam karena mekanisme pelindungan tubuh. Selain itu, cairan akan berkumpul pada kantung mata dan menyebabkan kantung mata bengkak dan merusak penampilanmu. Oleh karena itu, selalu pastikan untuk menghapus make-up setelah beraktivitas seluruhnya.
  • Sinar Matahari: Terkena sinar mata hari secara langsung dan terus menerus dapat memaksa tubuhmu memproduksi lebih banyak melanin sehingga dapat menyebabkan penggelapan kulit di bawah mata. Hasilnya, kantung mata menjadi gelap dan hitam. Oleh karena itu selalu gunakan sublock untuk mengatasi kantung mata yang menghitam ketika akan keluar ruangan.
  • Menangis: Terlalu banyak menangis akan membuat cairan terperangkap di bagian bawah mata sehingga mata terlihat bengkak dan menghitam. Oleh karena itu, hanyut dalam kesedihan yang berlarut bukanlah sebuah tindakan yang tepat. Tidak hanya buruk untuk kondisi mental, namun juga buruk bagi kesehatan dan kecantikan kulitmu. Carilah kegiatan positif yang bisa membuat kamu move on!

Itu dia beberapa penyebab kantung mata hitam. Secara keseluruhan kantung mata disebabkan oleh mekanisme alamiah yang terjadi pada tubuh manusia sepertihalnya penuaan. Namun, kantung mata juga bisa menjadi pertanda buruknya kualitas hidup kamu. Terlalu banyak mengkonsumsi junk food dan makanan sejenis yang menyebabkan gangguan pada ginjal dan alergi juga dapat menyebabkan mata panda. Tak hanya itu, pola dan kebiasaan buruk lainnya yang telah dijelaskan juga berperan penting dalam pembentukan kantung mata pada wajah.

External Refference   [ + ]

1. Berbagai penyebab kantung mata pada wajah dan cara mengatasinya
2. Penyebab kantung mata: Penuaan, Keturunan, dan Kelelahan
3. Beberapa perilaku yang dapat memicu kantung mata hitam
DMCA.com Protection Status

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: