10 Tips Kesehatan ala Rasulullah SAW untuk Cegah Jerawat

By  |  0 Comments

Masalah jerawat hanya menjadi bagian yang kecil ketika kita mulai berbicara tentang kesehatan tubuh. Pasalnya, banyak sekali jenis penyakit dan anomali yang bisa terjadi dalam setiap organ tubuh yang ada pada tubuh manusia.

Realitas keterhubungan antara tiap-tiap organ tubuh manusia membuat keberadaan jerawat kadang menjadi sebuah pertanda adanya ketidakberesan pada organ lainnya dalam tubuh (simak ulasan lengkapnya disini). Oleh karena itu, menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan juga merupakan salah satu metode dan cara mengatasi jerawat pada wajah.

Jika kamu telah mencoba berbagai perawatan wajah untuk menghiangkan jerawat dan gagal, mungkin kini saatnya mencoba cara lain dengan mengobati jerawat dari dalam tubuh dengan menjaga kesehatan secara keseluruhan. Baik kesehatan tubuh maupun pikiran. Karena itu, berikut 10 cara Rasulullah SAW untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran yang juga dapat dijadikan acuan untuk membasmi jerawat membandel pada wajah:

Tips Mencegah Jerawat ala Rasulullah

1. Menjaga Kebersihan

Nabi Muhammad SAW selalu tampil dengan pakaian rapi dan bersih. Setiap hari kamis atau jumat beliau mencuci rambut-rambut halus di pipi (brewok)[1], memotong kuku[2], bersisir dan memakai minyak wangi[3].

“Mandi pada hari Jumát adalah wajib bagi setiap orang2 dewasa. Demikian pula menggosok gigi dan memakai harum-haruman” (HR Muslim)”

2. Bagun Diwaktu Subuh:

Melaksanakan shalat subuh ternyata memberikan banyak manfaat[4]. Bangun di waktu subuh berarti kamu telah mendapatkan waktu tidur yang berkualitas sehingga kebutuhan akan regenerasi kulit di malam hari pun terpenuhi. Manfaat lainnya yang bisa kamu rasakan antara lain:

  • Berlimpah pahala,
  • Udara bersih yang baik untuk kesehatan dan terapi penyakit di waktu subuh. Menurut pakar udara, waktu Subuh sangatlah baik karena yaka akan udara yang masih bersih dan tidak terkontaminasi oleh unsur lain seperihalnya polutan,
  • Memperkuat pikiran dan menyehatkan perasaan, sehingga mood menjadi baik dan kamu siap untuk berbagai tantangan di hari itu.

Selain itu, bangun subuh juga dipercaya dapat mencegah stroke dan tekanan darah tinggi yang umumnya terjadi pada waktu subuh karena penyempitan pembuluh darah.

3. Konsumsi Minyak Zaitun

Minyak zaiun merupakan salah satu minyak tanpa lemak jenuh. Di saat siang dan menjelang sore, Rasulullah SAW juga biasa mengonsumsi minyak zaitun, cuka, dan roti[5]. Kombinasi dari ketiga makanan tersebut sangat bermanfaat untuk menguatkan tulang, mencegah kepikunan, dan menghancurkan olesterol jahat. Kondisi tubuh yang seimbang akan membuat metabolisme tubuh menjadi lancar sehingga dapat mengontrol jerawat pada wajah. Kombinasi makanan tersebut juga dapat menjaga kestabilan suhu tubuh di musim dingin. Oleh karena itu kondisi tubuh yang dingin tidak lagi menjadi alasan untuk mengonsumsi alkohol yang justru dapat menyebabkan jerawat dan penuaan dini. Gunakan minyak zaitun, cuka, dan roti sebagai gantinya!

4. Membuka Hari dengan Air Putih dan Madu

Bukalah sarapanmu dengan air putih dan sesendok madu sepertihalnya yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Madu dikenal sebagai penyembuh berbagai macam penyakit, sedangkan air putih kaya mineral yang dapat mencukupi kebutuhan tubuh akan cairan yang berfungsi untuk membersihkan dan mencuci hati kita[6]. Madu juga dapat menjadi obat yang mujarab untuk membersihkan usus dan mencegah peradangan pada tubuh. Sehingga, jerawat tidak akan muncul di dahi karena jerawat di dahi merupakan salah satu pertanda kondisi sistem pencernaan yang kurang baik.

5. Konsumsi Sayuran di Malam Hari

Saat makan malam, perbanyak konsumsi sayuran seperti yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Beberapa riwayat mengatakan, Nabi Muhammad SAW selalu mengonsumsi sanut dan sana al untuk makan malamnya. Kedua makanan tersebut tidak lain adalah sayuran yang juga banyak kita temui di Indonesia. Kamu dapat mengonsumsi makanan olahan dari sayuran seperti capcay, sayur sop, sayur lodeh, dan lain-lain untuk santapan makan malammu sesuai dengan apa yang menjadi rutinitas Rasulullah SAW untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan tubuhnya. Tubuh yang sehat adalah kunci dari performa maksimal.

6. Menjaga Proporsi Makan

Sikap berlebihan terhadap berbagai hal tentu tidak baik, khususnya dalam hal makan. Jika kamu benar-benar ingin melakukan diet, sebaiknya lakukan dengan ukuran yang masih proporsional.

Kami adalah sebuah kaum yang tidak makan sebelum lapar dan bila kami makan tidak terlalu banyak (tidak sampai kekenyangan) “(Muttafaq Alaih)

Di dalam perut manusia sendiri, ada 3 tempat ruang yang disediakan untuk 3 benda: Sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga lainnya untuk udara. Sebaiknya, ukuran ini menjadi patokan dan sikap ideal untuk memulai hidup yang lebih sehat. Tidak berlebihan dalam makan, juga tidak berlebihan dalam menahan lapar (diet) untuk tubuh yang ideal.

7. Berjalan Kaki

Bagi kamu yang selalu malas untuk berjalan kaki, sebaiknya mulailah memperbaiki gaya hidupmu dan memulai berbagai aktivitas dengan berjalan kaki. Diceritakan bahwa Rasulullah SAW selalu berjalan kaki ketika akan ke masjid, pasar, medan perang, mengunjungi rumah sahabat, dan aktivitas lainnya. Berjalan kaki tak akan membuatmu kelelahan dan kehabisan tenaga, kecuali kamu berjalan selama lima jam non-stop. Berjalan kaki akan membuat keringatmu mengalir, pori-pori terbuka sehingga peredaran darah akan menjadi lancar. Oleh karenanya, berjalan kaki menjadi terapi yang cocok untuk menguatkan jantungmu. Jerawat di hidung dapat muncul ketika seseorang mempunyai jantung yang kurang sehat (Lihat artikel lengkapnya disini).

8. Selalu Optimis

Sikap optimis akan memberikan dampak psikologis yang signifikan bagi kelapangan jiwa kamu sehingga kamu bisa tetap sabar, istiqamah dan bekerja keras. Oleh karena itu, dalam segala upaya untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat di wajah, kamu harus tetap optimis. Dengan begitu, berbagai usahamu tidak akan berujung pada kesia-siaan karena kesehatan tubuhmu senantiasa terjaga. Apa yang lebih penting di dunia ini daripada barokah umurnya?

9. Menahan Amarah

Rasulullah pernah memberikan nasihat kepada salah seorang sahabatnya “jangan marah” yang kemudian sampai diulangi sebanyak tiga kali. Hal ini tentu menunjukkan bahwasanya kesehatan dan kekuatan seorang Muslim bukanlah terletak pada raganya saja, namun lebih jauh lagi yaitu dilandasi oleh kesehatan dan kebersihan jiwa. Untuk itu, ada beberapa tips untuk menghilangkan amarah yang bisa kamu coba di rumah:

  • Cobalah mengubah posisi tubuh ketika marah, apabila kamu duduk cobalah berdiri, dan apabila duduk cobalah berbaring sejenak,
  • Cobalah membaca bacaan Ta ‘awwudz (a’udzubillahimina asy-syaithonirrajiim) agar Syaiton meninggalkan ragamu. Karena sesungguhnya amarah adalah Syaiton itu sendiri,
  • Segeralah berwudlu dan tunaikan shalat sunnah 2 rakaat untuk meraih ketenangan dan menghilangkan kegundahan hati.

Berlebihan dalam meluapkan emosi sepertihalnya marah dapat membuatmu terlihat lebih tua dari usiamu yang sebenarnya (Ikuti tips berikut untuk awet muda dengan praktis).

10. Menghindari Iri dan Dengki

Iri dan dengki hanya membuatmu jatuh ke dalam lubang keputus-asaan dan stres berkepanjangan sehingga membuat jerawatmu bertambah parah dan meradang. Untuk menjaga stabilitas hati dan jiwa, menghindari iri dan dengki merupakan tindakan preventif untuk mengatasi jerawat yang disebabkan oleh stres berkepanjangan. Namun iri hati ini dikecualikan menjadi dua hal, yaitu:

  • Iri kepada orang yang memiliki harta yang melimpah tapi tidak segan untuk menafkahkan hartanya dijalan kebaikan, dan
  • Iri kepada orang yang memiliki ilmu pengetahuan yang luas tapi tidak sungkan untuk mengajarkannya kepada orang lain siapa pun tanpa pilih kasih.

Jika kamu menemukan orang dengan dua kriteria diatas, kamu selayaknya iri dan terpacu untuk berkompetisi dalam hal kebaikan.

Itu tadi beberapa kebiasaan Rasulullah SAW yang juga ampuh untuk mencegah jerawat. Jika kamu merupakan penganut Nabi Muhammad SAW, sudah menjadi keharusan untuk mengamalkan setiap sunnahnya. Namun bagi kamu yang beragama lain, tidak ada salahnya untuk mencoba cara islami untuk mengatasi jerawat diatas selama tidak menyangkut persoalan akidah dan keyakinan.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

External Refference   [ + ]

1. Kajian islami tentang rambut pada tubuh dan hukum memotongnya
2. Sunnah dan adab dalam memotong kuku
3. Kajian islami tentang bersisir bagi pria dan wanita
4. Manfaat shalat subuh untuk kesehatan tubuh dan pikiran
5. Pola makan sehat Rasulullah yang patut dicontoh dalam kehidupan sehar-hari
6. Konsumsi madu sebagai pencegahan dan pengobatan penyakit pada hati
DMCA.com Protection Status

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *