10 Makanan & Minuman untuk Perlambat Proses Penuaan

By  |  0 Comments

Semua orang pasti mengalami penuaan, entah itu presiden, cendekiawan, ahli agama, bahkan dokter sekalipun. Tetap muda selamanya adalah hal yang mustahil, namun bukan berarti kita harus berpasrah diri terhadap gejala penuaan yang ada pada tubuh dan pikiran kita. Kendati merupakan suatu fenomena alam yang tak bisa dihindari, namun prosesnya bisa sedikit diperlambat dengan usaha dan kemauan yang tinggi.

Masyarakat di era ini menghadapi masalah yang lebih kompleks seiring perubahan zaman yang diikuti dengan perubahan iklim dan lingkungan. Gejala penuaan mulai terlihat dan Nampak pada mereka yang belum seharusnya mengalaminya. Pada konteks ini, fenomena tersebut kerap disebut dengan penuaan dini.

Banyak faktor yang memicu penuaan dini. Salah satunya adalah kebiasaan begadang, paparan rokok, polusi, sinar matahari, dampak radikal bebas, serta makanan. Setelah membahas daftar makanan penyebab penuaan dini pada sesi sebelumnya, kali ini kita akan mencoba mengatasi penuaan dini dengan memberikan penjelasan dan informasi tentang daftar makanan dan minuman yang membuatmu awet muda.

Hubungan antara Makanan & Minuman dengan Penuaan

Pepatah bijak mengatakan apa yang kita makan adalah representasi diri kita. Pepatah tersebut bisa dimaknai secara harfiah, ataupun tidak. Makanan yang kita konsumsi dan masuk ke dalam perut kita akan dicerna. Beberapa kandungan yang ada di dalamnya akan dihisap dan disalurkan pada organ-organ penting termasuk jika kandungan tersebut adalah racun dan jenis kandungan buruk lainnya. Membuat penampilan khususnya wajah kita terlihat lebih kusam, berkerut serta berjerawat.

Untuk itu sudah saatnya untuk mengambil langkah yang lebih serius. Tak hanya sekedar menghindari beberapa jenis makanan penyebab penuaan dini, kamu juga harus mendukung upaya tersebut dengan mengonsumsi jenis makanan yang secara aktif mampu mencegah penuaan dan membuatmu terlihat lebih muda. Lalu apa sajakah jenis makanan yang mampu membuat kita terlihat lebih awet muda?

Daftar Makanan & Minuman untuk Memperlambat Proses Penuaan

1. Buah-buahan

manfaat buah dan sayur untuk menghilangkan jerawatKandungan terbaik untuk mencegah penuaan adalah antioksidan. Selain mampu melindungi kulit dari kerusakan baik yang disebabkan dari luar maupun dari dalam, antioksidan juga mampu mengoptimalkan proses pemulihan atau regenerasi sel-sel kulit. Tak hanya itu, beberapa jenis antioksidan diketahui mampu mencegah penurunan jumlah kolagen pada wajah.

Makanan dengan antioksidan tinggi paling banyak ditemukan pada buah-buahan. Selain rasanya yang segar, mengonsumsi buah-buahan dapat meningkatkan kekebalan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan melalui vitamin dan mineral yang terkandung didalamnya. Dengan berbagai jenis dan macamnya, kamu bebas berkreasi dalam mengonsumsi ataupun menggunakannya sebagai masker dan produk kecantikan alami lainnya.

manfaat sayuran untuk wajah awet muda2. Sayur-sayuran

Tak jauh berbeda dari buah, sayuran mengandung banyak kandungan antioksidan, yang dalam prosesnya berperan penting untuk mencegah oxidative stress (kerusakan pada sel yang disebabkan oleh dampak radikal bebas). Kerusakan tersebut, meliputi kerutan yang muncul secara tidak wajar, jerawat, bahkan kanker kulit yang tentu akan membuat performa dan rasa percaya dirimu berkurang secara drastis.

Jika kamu berencana menggunakan sayuran dalam upaya untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini, kamu bisa memulainya dengan mengonsumsi sayuran yang berwarna merah dan kuning. Sebuah studi yang dilakukan di Jepang mengungkapkan bahwa sayuran dengan warna kuning dan merah memiliki hubungan kuat terhadap kerutan pada wajah.[1]

cara mengobati kantung mata hitam dengan teh hijau3. Teh Hijau

Hampir serupa dengan buah dan sayuran, teh hijau juga mengandung banyak antioksidan yang mampu mengoptimalkan pemulihan sekaligus melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan paparan sinar matahari. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa radiasi sinar matahari adalah penyebab utama dari munculnya gejala penuaan dini, dan teh hijau adalah salah satu perawatan terbaik untuk mengatasinya.[2]

Kamu bisa menggunakan teh hijau untuk mencegah penuaan baik dengan mengonsumsinya secara langsung, atau menggunakannya sebagai toner wajah. Selain itu, ampas dari teh hijau juga bisa kamu gunakan sebagai bahan untuk membuat masker wajah dan penghilang kantung mata panda. Dengan begitu, kamu bisa menadpatkan penampilan yang lebih muda hanya dengan satu produk saja, yaitu teh hijau.

manfaat ikan untuk kulit awet muda4. Aneka Ikan

Tiga ratus tahun yang lalu, para peneliti memulai sebuah proyek penelitian mengapa suku Inuit dari Alaska bisa bebas dari penyakit jantung, sehingga mereka memiliki harapan hidup lebih lama dan terhindar dari gejala penuaan dini dibandingkan dengan penduduk pada daerah perkotaan dengan resiko kematian yang relatif tinggi dan harapan hidup yang lebih rendah.

Hasilnya mengejutkan. Ternyata suku Inuit ini adalah suku yang gemar memakan berbagai jenis ikan. Ikan adalah sumber melimpah dari omega-3, senyawa yang dipercaya dapat mencegah penumpukan kolesterol jahat pada arteri dan melakukan stabilisasi pada irama jantung yang tidak normal.[3]

manfaat bawang putih untuk kulit awet muda5. Bawang Putih

Bawang putih telah lama dikenal sebagai obat tradisional yang mampu mencegah berbagai penyakit sepertihalnya kanker dan penyakit jantung. Bumbu masakan yang satu ini berfungsi sebagai pengencer darah sekaligus mencegah pengerasan pembuluh sehingga secara signifikan mampu mengurangi resiko penyakit jantung.

Selain itu, bawang putih juga bermanfaat untuk mencegah degenerasi sel yang menyebabkan tanda-tanda penuaan muncul lebih cepat dari apa yang seharusnya. Kamu bisa mengambil manfaat dari bawang putih secara optimal dengan mengonsumsinya dalam kondisi mentah. [4]

fakta dan mitos seputar kacang dan jerawat6. Kacang-kacangan

Hampir semua jenis kacang-kacangan merupakan sumber yang baik dari vitamin, mineral, lemak tak jenuh, dan zat phytochemical termasuk antioksidan. Kenari mengandung asam lemak omega-3, kalium, magnesium, seng, besi, dan selenium. Kacang-kacangan lain yang juga bermanfaat adalah almond dan kacang mete. Memasukkan kacang-kacangan dalam diet bermanfaat meningkatkan fungsi pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah kanker, dan mengurangi kadar kolesterol.[5]

Cara terbaik untuk memasak kacang-kacangan ialah dengan cara merebusnya ataupun menggorengnya tanpa minyak. Ketika kacang bercampur dengan minyak, apalagi minyak jelantah yang jarang diganti dan digunakan secara berulang-ulang, kandungan baik yang terkandung didalamnya seketika itu akan berubah menjadi jahat. Menyebabkan berbagai masalah termasuk komedo, jerawat, dan gejala serta tanda penuaan dini.

manfaat air putih untuk kecantikan7. Air Mineral

Air mineral bukan makanan? Coba pikirkan kembali. Banyak orang menyepelekan peran air bagi tubuh, mereka hanya minum air mineral jika mereka merasa haus dan dehidrasi. Padahal, rasa haus dan dehidrasi hanyalah alarm agar kamu mendapatkan segelas air. Lebih dari itu, telah terjadi kerusakan dan gangguan pada metabolisme tubuh ketika tidak mendapatkan cukup air.

Gangguan tersebut termasuk pada proses regenerasi kulit khususnya di malam hari. Oleh karena itu, selalu cukupi asupan air mineral agar semua metabolisme tubuh kita berjalan dengan optimal. Khususnya pada malam hari, sebelum tidur karena tubuh kita membutuhkan lebih banyak air pada malam hari untuk melakukan regenerasi pada semua sel-sel baik kulit maupun organ penting lainnya.[6]

Manfaat Oatmeal untuk Kulit Awet Muda8. Yogurt

Yogurt kaya akan kalsium, protein serta vitamin D yang membuatnya menjadi salah satu makanan terbaik untuk membantu memperkuat tulang-tulangmu. Kandungan lain yang tak kalah penting adalah bakteri probiotik, sebuah mikroorganisme yang mendukung kesehatan dan mengoptimalkan fungsi pencernaan yang berkaitan erat dengan proses penuaan.

Jika kamu adalah salah seorang yang memiliki riwayat alergi atau tidak bisa mengonsumsi yogurt, kamu bisa menggantinya dengan susu rendah lemak karena memiliki kandungan yang hampir sama. Hanya saja, susu rendah lemak tidak memiliki kandungan probiotik seperti apa yang dimiliki oleh yogurt. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengonsumsinya secara langsung ataupun menggunakannya sebagai masker wajah.

manfaat oatmeal untuk kulit awet muda9. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan yang memiliki indeks glikemik rendah, sehingga mengonsumsinya tak akan membuat kulitmu menjadi mudah keriput dan berjerawat. Berbeda jika kamu mengonsumsi nasi, jagung, ataupun olahan dari keduanya seperti halnya jenis roti dan kue. Apalagi, mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan minyak dan lemak yang tinggi.

Selain itu, oatmeal memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang mampu membantu mencegah kerusakan pada sel kulit serta iritasi, bersamaan dengan membuat kulitmu menjadi lebih halus. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan penampilah yang lebih menawan, segar serta lebih muda dari yang seharusnya.[7]

manfaat minyak zaitun untuk kulit awet muda10. Minyak Zaitun

Tubuh kita memerlukan kolesterol untuk membangun dinding sel sekaligus sebagai bahan utama dalam memproduksi hormon. Kolesterol juga merupakan komponen yang penting dalam pembentukan asam empedu. Kolesterol diproduksi pada hati, dan sisanya didapatkan dari makanan. Namun tidak semua kolesterol yang didapat dari makanan adalah kolesterol baik yang dibutuhkan oleh tubuh.[8]

Kebanyakan dari mereka adalah kolestrol jahat yang paling bertanggung jawab terhadap penyumbatan pembulu darah dan penuaan dini. Minyak zaitun memiliki kandungan kolestrol baik, yang sekaligus membantu melawan dan menghancurkan kandungan kolestrol jahat pada tubuh kita yang didapat melalui makanan. Dengan begitu kamu bisa menadi awet muda tidak hanya sebatas pada tampilan kulitmu, namun juga peningkatan kinerja organ dan performa tubuh yang optimal.

External Refference   [ + ]

1. Konsumsi harian terhadap sayuran berwarna merah dan kuning sangat efektif untuk mencegah penuaan pada wanita
2. Apakah ada peran potensial dari madu, teh hijau, dan vitamin C terhadap kulit
3. 7 Makanan super yang membuatmu hidup awet muda
4. Makanan terbaik untuk mencegah penuaan
5. Tips awet muda: 12 makanan yang memiliki sifat anti penuaan
6. Diet untuk awet muda: manfaat air mineral untuk tubuh
7. Lawan penuaan pada kulit dengan 7 makanan ini
8. Informasi tentang fungsi kolesterol bagi tubuh kita
DMCA.com Protection Status

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *